Di era globalisasi, teknologi informasi berperan sangat penting.  Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup  untuk menjadi pemenang dalam persaingan global. Di era globalisasi,  tidak menguasai teknologi informasi identik dengan buta huruf.
Teknologi Informasi (TI) dan multimedia telah memungkinkan  diwujudkannya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, yang  melibatkan siswa secara aktif. Kemampuan TI dan multimedia dalam  menyampaikan pesan dinilai sangat besar. Dalam bidang pendidikan, TI dan  multimedia telah mengubah paradigma penyampaian materi pelajaran kepada  peserta didik. Computer Assisted Instruction (CAI) bukan saja dapat  membantu guru dalam mengajar, melainkan sudah dapat bersifat stand alone  dalam memfasilitasi proses belajar.
Penekanan penting akan  memaksimumkan sumber daya manusia di semua sektor, berarti kita akan  membutuhkan sistem komunikasi yang sangat efektif. Apabila kita  merespons pada kebutuhan fokus awal seharusnya lebih berdasarkan  penerimaan informasi daripada penyebaran informasi. Hal ini hampir  memutarbalikan peran jika dibandingkan dengan peran komunikasi  administrasi pendidikan yang dulu.
Perbedaan utama antara  negara maju dan negara berkembang adalah kemampuan ilmu pengetahuan dan  teknologi. Kemajuan yang pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi  di negara-negara maju karma didukung oleh sistem informasi yang mapan.  Sebaliknya, sistem informasi yang lemah di negara-negara berkembang  mengakibatkan keterbelakangan dalam penguasaan.ilmu pengetahuan.dani  teknologi. Jadi jelaslah bahwa maju atau tidaknya suatu negara sangat di  tentukan oleh penguasaan teirhadap informasi, karena informasi  merupakan modal utama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan.teknologi  yang menjadi senjata pokok untuk membangun negara. Sehingga apabila  satu negara ingin maju dan tetap eksis dalam persaingan global, maka  negara tersebut harus menguasai informasi. Di era globalisasi dan  informasi ini penguasaan terhadap informasi tidak cukup harnya sekedar  menguasai, diperlukan kecepatan dan ketepatan. Sebab hampir tidak ada  guna menguasai informasi yang telah usang, padahal perkembangan ilmu  pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat mengakibatkan usia informasi  menjadi sangat pendek, dengan kata lain, informasi lama akan diabaikan  dengan adanya informasi yang lebih baru.
Masukan (input) dan  kontribusi langsung dari para pemegang peran (stakeholders) yang lain;  siswa, orang tua dan anggota masyarakat juga memberikan informasi yang  sangat membantu dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi pengembangan  sekolah. Jika obyektifitas utamanya adalah memaksimalkan pendidikan  sumber daya manusia maka hal itu telah meningkatkan hubungan komunikasi  kita dengan seluruh sektor lingkungan pendidikan dan para pemegang peran  (stakeholders). Lagipula kunci utama untuk meningkatkan komunikasi  harus terfokus pada saling berbagi komunikasi terbuka dan meningkatkan  kesempatan untuk mendapatkan dukungkan dari segala bidang.
Kehidupan kita sekarang perlahan lahan mulai berubah dari dulunya era  industri berubah menjadi era informasi di balik pengaruh majunya era  globalisasi dan informatikamenjadikan computer, internet dan pesatnya  perkembangan teknologi informasi sebagai bagian utama yang harus ada  atau tidak boleh kekurangan dikehidupan kita. Aktifitas network  globalisasi ekonomi yang disebabkan oleh kemajuan dari teknologi  informasi bukan hanya mengubah pola produktivitas ekonomi tetapi juga  meningkatkan tingkat produktivitas;dan pada saat bersamaan juga  menyebabkan perubahan structural dalam kehidupan politik, kebudayaan,  kehidupan sosial masyarakat dan juga konsep waktu dalam dalam berbagai  lapisan masyarakat.
Tanggung jawab sekolah dalam memasuki era  globalisasi baru ini yaitu harus menyiapkan siswa untuk menghadapi semua  tantangan yang berubah sangat cepat dalam masyarakat kita. Kemampuan  untuk berbicara bahasa asing dan kemahiran komputer adalah dua kriteria  yang biasa diminta masyarakat untuk memasuki era globalisasi baik di  Indonesia maupun di seluruh dunia. Maka dengan adanya komputer yang  telah merambah di segala bidang kehidupan manusia hal itu membutuhkan  tanggung jawab sangat tinggi bagi sistem pendidikan kita untuk  mengembangkan kemampuan berbahasa siswa dan kemahiran komputer.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar