Minggu, 24 Oktober 2010

PROSES-PROSES IMPLEMENTARI TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Teknologi informasi adalah teknologi yang berhubungan dengan pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, dan penyebaran informasi. Perkembangan teknologi di era globalisasi ini berkembang dengan pesat, banyak sekali kemajuan-kemajuan yang dapat kita rasakan dalam perkembangan teknologi, terutama dalam bidang Telekomunikasi, Informasi dan Komunikasi (TIK). Salah satu kemajuannya yaitu pada jaringan komputer yang saat ini sudah banyak digunakan di berbagai perusahaan, Sekolah, Universitas, dan bahkan di perumahan.
Proses Implementari teknologi komunikasi dalam pendidikan.
Penerapan teknologi komunikasi pendidikan dalam pendidikan formal dapat dilihat pada kegiatan pembelajaran antara peserta didik dan pendidik (guru) serta kegiatan administratif yang ada di dalam institusi pendidikan formal.
 Penerapan di dalam kegiatan pembelajaran.

     Dalam kegiatan pembelajaran, penerapan teknologi komunikasi dapat terlihat dari bagaimana cara pendidik memberikan sebuah materi yang disampaikan kepada peserta didik. Di sini peran sekolah sebagai institusi yang memfasilitasi sarana (teknologi komunikasi) dalam menunjang kegiatan pembelajaran, seperti komputer atau laptop, Internet atau jaringan wifi LCD proyektor, TV, VCD, OHP, Tape recorder dan sebagainya. Dari fasilitas-fasilitas yang ada tersebut dapat dimanfaatkan pendidik untuk mengakomodasi teknik pembelajaran yang akan digunakan.
Beberapa contoh penerapan teknologi komunikasi dalam kegiatan
pembelajaran adalah:
Penggunaan media pembelajaran oleh pendidik dalam penyampaian materi
pelajaran seperti Power Point, CD tutorial dan interaktif, Penggunaan
OHT, tutor audio, dan sebagainya.
Penggunaan internet atau jaringan wifi yang disediakan oleh sekolah sebagai sarana peserta didik untuk mencari referensi tugas-tugas yang diberikan oleh pendidik.
Penggunaan komputer sebagai sarana praktek terhadap materi-materi tertentu yang memang membutuhkan fasiltas komputer seperti, materi TIK yang mengajarkan penggunaan aplikasi office, desain grafis, dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan proses implementari teknologi  komunikasi
Dalam proses penerapannya di lingkup pendidikan formal, teknologi komunikasi pendidikan memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun secara umum peran teknologi tersebut secara garis besar membawa kelebihan dalam aplikasinya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya:
Kelebihan
Proses pembelajaran berlangsung secara variatif dan tidak monoton.
Penggunaan media disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing pengguna baik pendidik serta peserta didik.
Prosesnya tidak semata-mata secara tekstual
Akses informasi dari luar semakin cepat di dapat

Kekurangan
Akses terbatas terhadap fasilitas yang ada, baik person dan waktu dan tempat.
Penggunaanya terikat oleh aturan yang ada dalam institusi formal yang terkait.
Beban biaya yang cukup besar dalam pengadaan, karena kebutuhannya secara masal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar